Monday, March 19, 2007

Konferensi Nasional “Aliansi Buruh Menggugat”

Konferensi Nasional “Aliansi Buruh Menggugat”
Jakarta, Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah
24 sampai 27 Juli 2006

Jaringan kerja serikat-serikat buruh di Indonesia yang terbentuk pasca gelombang demonstrasi nasional, pada bulan april dan mei lalu, seperti yang sebagian rekan-rekan ketahui sudah menindaklanjuti sejumlah rencana kerja. Sebagian rencana kerja tersebut diformulasikan melalui pertemuan-pertemuan pleno di Jakarta, namun rencana-rencana kerja itu disusun dalam forum yang lebih formal yaitu Konferensi Nasional Aliansi Buruh Menggugat (Konfernas ABM), pada akhir juli lalu, tepatnya 24-27 Juli 2006 di Taman Mini Indonesia Indah.

Badan Pekerja ABM mengakui bahwa sebagian rekan dari sejumlah serkat pekerja sudah menerima hasil rangkuman Konfernas tersebut, namun ada sebagian lain yang belum menerima rangkuman tersebut, terutama karena kendala pendistibusian.

Oleh karena itu untuk menuntaskan tanggung jawab badan pekerja terhadap rencana yang telah disusun bersama, badan pekerja memutuskan untuk menggunakan sebagian ruang yang ada dalam terbitan perdana ini untuk mengkomunikasikan secara singkat hasil-hasil Konferensi Nasional tersebut, namun tentu saja penyampaian hasil dengan cara ini tidak menjadi alasan badan pekerja untuk tidak mendistribusikan dokumen resmi yang berisi rangkuman hasil Konfernas. Bersama dengan pendistribusian terbitan ini badan pekerja juga menyertakan dokumen rangkuman hasil Konfernas.

Konferensi yang berlangsung selama 3 hari itu, dibagi dalam beberapa sesi diskusi, untuk mengarahkan jalannya konferensi agar lebih fokus dalam mendiskusikan topik-topik yang dibicarakan. Secara umum ada sejumlah hal yang berhasil dirumuskan dan disusun dalam konferensi tersebut, antara lain ; kesadarabn akan perlunya kesatuan buruh di Indonesia, Prinsip organisasi, program perjuangan, program tuntutan, program kerja setiap divisi yang terbentuk, dan struktur badan Pekerja Nasional serta fungsinya.

No comments: